Oleophobic Coating itu apa ?

Beberapa hari yang lalu saya membaca suatu forum yang meributkan tentang Gorilla Glass dan Oleophobic Coating. Salah seorang di forum itu menulis, Oleophobic Coating itu pelindung layar paling jelek yang hanya anti debu. Ada juga yang menulis, layar dengan Gorilla Glass kuat ketika jatuh dari ketinggian 1 meter. Sedangkan layar dengan Oleophobic Coating, hanya kuat ketika jatuh dari ketinggian 30 cm.

Jadi, sebenarnya Oleophobic Coating itu apa sih ?

Secara sederhana, Oleophobic Coating itu artinya lapisan pelindung kaca dari minyak. Oleo diambil dari kata oil yang artinya minyak. Lalu apa gunanya lapisan ini di layar smartphone ? Kita aja ga mungkin pegang layar smartphone ketika tangan berminyak.

Layar smartphone yang memiliki Oleophobic Coating, membuat kotoran seperti debu tidak mudah menempel. Selain itu, Oleophobic Coating juga membantu layar smartphone lebih terjaga dari bekas sidik jari.

Ada cara untuk mengetahui apakah layar ponsel dilengkapi dengan Oleophobic Coating, yaitu dengan memberikan tetesan air. Ketika diberi tetesan air, layar dengan Oleophobic Coating akan membuat tetesan air menjadi seperti gumpalan air embun. Sedangkan layar yang tidak memiliki Oleophobic Coating akan membuat tetesan air tadi melebar ( tidak menggumpal ).

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat video saya tentang Oleophobic Coating.


Oleophobic Coating sendiri bukanlah lapisan yang bisa bertahan selamanya. Ada jangka waktu dimana lapisan ini akan memudar dan akhirnya hilang. Oleh karena itu, layar yang memiliki Oleophobic Coating tidak boleh dibersihkan dengan zat kimia lain. Perawatan paling mudah untuk layar dengan Oleophobic Coating adalah membersikannya dengan air.



Sejarah Oleophobic Coating di Layar Smartphone
Jaman dulu, smartphone dengan layar sentuh selalu dilengkapi dengan stylus. Penggunaan stylus ini akibat orang malas melihat layar smartphone mereka kotor karena bekas sidik jari. Namun, Steve Jobs memiliki pemikiran yang berbeda. Dia mengatakan jika jari adalah media terbaik untuk menyentuh smartphone yang memiliki layar sentuh.

Dengan dasar ini, akhirnya Oleophobic Coating mulai digunakan di layar smartphone. Ponsel pertama yang saya tahu membawa Oleophobic Coating adalah Apple Iphone. Dengan penggunanaan Oleophobic Coating di layar ponsel, bekas sidik jari tidak mudah menempel. Selain itu, kotoran seperti debu juga tidak mudah menempel. Semua pihak yang dulunya malas melihat layar smartphone mereka cepat kotor, menjadi tertarik untuk memakai ponsel layar sentuh tanpa stylus.


Apakah layar smartphone kalian juga dilengkapi Oleophobic Coating ?

Comments

Popular posts from this blog

Nightscape untuk semua smartphone Realme

Xiaomi Mi Note 10 juga pakai kamera 108MP