Snapdragon SIP 1 : lebih baik dari SOC ?

Asus baru saja mengumumkan Zenfone Max Shot dan Zenfone Max Plus M2. Jika berbicara spesifikasi secara keseluruhan, sebenarnya kedua ponsel tersebut cenderung biasa saja. Namun ada hal menarik di spesifikasinya, yaitu penggunaan Snapdragon SIP 1. Belum ada berita lengkap mengenai chip baru tersebut dan sejauh ini hanya diketahui jika Snapdragon SIP 1 punya performa yang mirip dengan Snapdragon 450.

Zenfone Max Shot

SIP ( system in package ) adalah satu chip kecil yang memuat banyak fungsi, mulai dari cpu, gpu, radio receiver, audio codec, modul managemen daya, dan lainnya. Tentu ini berbeda dengan SOC yang memisahkan hal-hal tersebut, dengan jalan demikian maka smartphone yang biasanya harus menyiapkan ruang lebih untuk berbagai modul tersebut bisa menghemat ruang. Kelebihan dari Snapdragon SIP adalah efisiensi desain, mengurangi biaya pengembangan dan mempercepat waktu komersialisasi. Mari kita coba bahas ketiga poin ini secara singkat dan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

1. Efisiensi desain
hal ini dapat tercapai karena semikonduktor jenis ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, sehingga produsen smartphone bisa memanfaatkan ruang yang tersisa untuk hal lain seperti tambahan kamera atau baterai yang lebih besar

2. Biaya Pengembangan
Karena banyak modul yang digabung dalam satu chip kecil, maka pengembangan bisa dilakukan secara bersamaan dan bisa mengurangi biaya pengembangan.

3. Waktu Komersialisasi
Seperti yang sudah saya jelaskan, karena SIP ini memuat banyak fungsi, maka itu menghemat waktu dari produsen smartphone untuk merakit boardnya. Sehingga ponsel bisa dirakit lebih cepat dan bisa diluncurkan lebih cepat.

Zenfone Max Plus M2
Asus Zenfone Max Shot dan Asus Zenfone Max Plus M2 adalah ponsel pertama yang menggunakan Snapdragon SIP 1. Untuk bisa mencicipi chip baru ini, kalian harus mengeluarkan uang kurang lebih Rp. 5.000.000. Menurut saya harga ini masih tergolong mahal jika dilihat dari spesifikasi keseluruhan kedua ponsel tersebut, namun tentu saja kita bisa menukarnya dengan pengalaman penggunaan chip jenis baru. Untuk yang tertarik mencoba, saat ini kedua smartphone ini baru tersedia di negara Brazil.

Comments

Popular posts from this blog

Oleophobic Coating itu apa ?

Nightscape untuk semua smartphone Realme

Xiaomi Mi Note 10 juga pakai kamera 108MP