Huawei masih pakai Android ?

Sekitar 4 bulan yang lalu ada kejadian yang cukup membuat heboh dunia smartphone, yaitu kabar jika Huawei tidak bisa bekerjasama dengan perusahaan asal Amerika. Hal ini terjadi karena perang dagang antara Cina dan Amerika. Akibat hal tersebut, akhirnya Huawei Mate 30 Pro harus diluncurkan tanpa ada aplikasi dari Google.

Tapi ada pertanyaan yang muncul dari sana, "jika Huawei tidak boleh memakai aplikasi buatan Google, kenapa masih bisa menggunakan Android terbaru ? Bukannya Android juga milik Google ?"




Banyak yang mengira karena Android adalah buatan Google yang bersifat open source, lalu aplikasi di dalamnya seperti playstore, youtube dan lainnya juga bisa digunakan secara bebas. Padahal kedua hal tersebut adalah hal yang berbeda. OS Android memang bersifat open source dan bisa digunakan secara bebas, bahkan bisa diubah hingga tidak terlihat seperti Android dan diberi nama lain. Sedangkan aplikasi Google adalah hak milik Google dan untuk menggunakannya, vendor harus memiliki ijin dari Google.



Karena harus mendapat ijin dari Google, akhirnya beberapa orang pencipta custom rom membuat petisi karena menganggap jika semangat Android adalah sebagai open source yang bisa digunakan secara bebas. Dari kasus ini, Google menjelaskan jika Android dan aplikasi Google adalah kedua hal yang berbeda dan akhirnya semua custom rom tidak mempunyai aplikasi bawaan Google. Jika mau menggunakan aplikasi tersebut, maka harus di download secara terpisah.



Dari sini, kalian bisa tahu kenapa Huawei masih bisa menggunakan Android. Itu adalah karena sifat Android yang adalah open source, sehingga bisa digunakan secara bebas. Huawei sendiri sudah berinvestasi dan menyiapkan aplikasi AppGallery sebagai pengganti Google Playstore. Di dalamnya, kita bisa temukan berbagai aplikasi buatan Huawei yang bisa digunakan sebagai pengganti Aplikasi Google. Meskipun begitu ini adalah tantangan besar untuk perusahaan berlogo kipas merah, karena bagaimanapun aplikasi Google sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Comments

  1. Fusion Titanium - TITanium Art | TITanium Art | TITanium Art | TITanium Art
    TITanium Art · Studio · titanium undertaker Shop the latest tittoracato designs titanium fishing pliers on tina and more. · Shop for polished titanium the titanium rimless glasses latest tittoracato styles on tina samsung watch 3 titanium and more.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Oleophobic Coating itu apa ?

Nightscape untuk semua smartphone Realme

Snapdragon 636 : Penerus Snapdragon 625