Beli tempered glass murah ?

Harga tempered glass di pasaran sangatlah bervariatif, mulai dari ribuan rupiah hingga ratusan ribu. Bahkan ada tempered glass untuk Pocophone F1 yang sempat ramai diperbincangkan karena dijual dengan harga Rp. 100 di salah satu toko online.

Saya sendiri pun dulunya selalu berpikir jika ada tempered glass yang murah, untuk apa beli yang mahal. Meskipun begitu, tempered glass yang saya beli tidak pernah dibawah harga Rp. 20.000. Sampai akhirnya saya penasaran mencoba tempered glass seharga Rp. 6.000.



Seperti kalian bisa lihat, tempered glass murah pun juga punya banyak fitur. Mulai dari 9H hardness
, anti scratch, anti shatter, anti oil stains ( oleophobic coating ), dan lainnya yang bisa dibilang sebenarnya sama persis dengan fitur tempered glass yang dijual lebih mahal. Dan setelah mencoba tempered glass seharga 6 ribu rupiah tadi, saya pun tidak pernah ada masalah dari segi ketahanan terhadap goresan ataupun ketika jatuh karena nyatanya juga kuat. Lalu dimana letak masalahnya ? Jawabannya adalah lapisan Oleophobic Coating atau fitur anti oil stains.

Untuk kalian yang belum tahu apa itu Oleophobic Coating silahkan baca pada link ini ( Oleophobic Coating ) atau secara singkat itu adalah lapisan anti minyak. Ketika saya menggunakan anti gores murah tersebut selama kurang lebih satu bulan, awalnya tidak ada masalah dan tempered glass tersebut tetap nyaman digunakan. Tetapi setelah satu hari, layar smartphone saya jadi tidak enak untuk digunakan terutama saat tangan berkeringat. Hal tersebut karena lapisan Oleophobic Coating di tempered glass murah sangatlah tipis, jadi akhirnya setelah lapisan tersebut hilang yang terjadi adalah tempered glass jadi cepat basah saat terkena keringat dari telapak tangan.

Sebagai catatan, selama satu bulan tersebut saya berganti tempered glass sebanyak tiga kali dan semuanya adalah tempered glass yang dijual 6 ribu rupiah. Akhirnya saya pun menyerah dan kembali ke tempered glass yang lebih mahal, yaitu yang dijual diatas Rp. 30.000. Dan dalam 6 bulan penggunaan, tempered glass ini belum mengalami masalah di lapisan Oleophobic Coatingnya. Jadi buat kalian yang ingin membeli tempered glass, sebaiknya belilah yang cukup bagus. Jangan tergiur dengan harga murahnya, karena jika sering ganti pada akhirnya uang yang dikeluarkan juga sama.

Comments

Popular posts from this blog

Oleophobic Coating itu apa ?

Nightscape untuk semua smartphone Realme

Snapdragon 636 : Penerus Snapdragon 625